MEDIA KITA
MEDIA INFORMASI UMUM DARI BERBAGAI BIDANG ILMU

APAKAH MINERAL ITU

Label:
Mineral adalah setiap bahan yang kita temukan dalam kulit kerak bumi yang bukan dari mahkluk hidup. Kadang-kadang orang menyebut minyak tanah, batubara dan batu kapur itu mineral, tetapi oleh karena bahan-bahan tersebut ternyata berasal dari tumbuh-tumbuhan dan binatang-binatang yang hidup jutaan tahun lampau, maka pada hakekatnya mereka bukanlah mineral.
Pada umumnya mineral itu terdiri dari dua golongan, yakni yang metalik dan non metalik. Contoh-contoh dari mineral metalik ialah hematit (besi), bornit (tembaga), dan bauksit (alumunium). Mineral yang non metalik antaralain quartz, asbes, dan kalsit. Bahan-bahan mineral itu pada umumnya terdapat dalam bentuk “kristal” atau habluran.
Memang orang gampang jadi bingung dalam membedakan secara tegas antara mineral dan batu-batuan, tetapi perbedaan itu ada. Sebuah mineral mempunyai susunan yang tertentu. Bahan kimia yang membentuk mineral boleh dikata hampir sama secara menyeluruh, tidak peduli dimanapun ia berada. Jadi, mineral yang kita temukan di bagian mana pun di dunia ini akan memiliki sifat kemilau, kadar padat, dan ciri-ciri lainnya yang sama.
Tetapi batu-batuan itu terdiri dari campuran pelbagai macam mineral. Kita ambil contoh granit. Ia merupakan batu-batuan yang terdiri dari beberapa mineral seperti quartz, feldspar, mika dan lain-lain. Sepotong granit yang kita temukan di suatu tempat bisa berbeda-beda mineralnya yang bermacam-macam itu bila kita bandingkan dengan granit di tempat lain.
Mineral dapat kita temukan di pelbagai tempat. Mereka dapat kita temukan di tengan batu-batuan atau di tengah pasir dan kerikil. Cara mereka terbentuk pun serba ragam pula. Banyak mineral yang telah mengkristal atau menjadi keras semenjak berjuta-juta tahun yang lampau dan berasal dari batu-batuan yang lebur karena terik, yaitu “magma”. Intan, mika dan feldspar adalah contoh-contoh mineral yang terbentuk dari magma yang lebur itu.
Ada mineral tertentu yang dipandang orang sangat mahal harganya, terutama sekali oleh karena bagusnya dan begitu jarangnya ditemukan. Mineral semacam ini kita sebut “batu mulia”. Beberapa contoh mineral batu mulia yang tinggi nilainya ialah intan, garnet, topaz dan zircon.
Sebagian jenis mineral sebaliknya terdapat hampir di mana-mana. Mineral yang paling umum ialah quartz. Terdapat kurang lebih 200 macam quart yang dapat kita temukan hampir di semua bagian dunia ini.
1 komentar:

info yg sangat bermanfaat, mnambah pngetahuan saya tentang Mineral


Posting Komentar

INVESTASI AMAN DAN TERPERCAYA

Followers


Translate

MyRightAd

PROFIT CLICKING HYIP TERPOPULER

MANTAPKAN PENGHASILAN ANDA/HARI/MINGGU/BULAN, AMAN DAN TERPERCAYA

KLIK-KLIK IKLAN DAPAT DOLLAR

RicanAdFunds Equals Phenomenal Advertising & Returns

RICANDADFUNDS

Hello,

I recommend a responsive advertising & income generating opportunity - RicanAdFunds.

It is FREE to join, returns 2% every day for 125 days and an excellent earning potential!

It is brought to you by Rican Professional Networks, the people that operate ismMagic and ismAdsIncome that have a very good reputation and pays promptly!

Compounding will speed up your returns considerably!

Min withdrawal: $15
Min purchase: $15

http://www.ricanadfunds.com/?mezooist

Best regards,
MEZOO